Minggu, 16 Desember 2012

Manfaat Manajemen Logistik dalam Bisnis Perusahaan di Indonesia


oleh: indra irawan 
mahasiswa pend. manajemen perkantoran 2012 upi

apa yang anda ketahui tentang manajemen logistik? Itu mungkinn yang akan timbul dalam benak kita, seberapa pentingkah logistik dalam bisnis perusahaan?
Logistik merupakan seni dan ilmu mengatur dan mengontrol arus barang, energi, informasi, dan sumber daya lainnya, seperti produk, jasa, dan manusia, dari sumber produksi ke pasar dengan tujuan mengoptimalkan penggunaan modal.
Logistic sanagtlah penting dalam bisis perusahaan yaitu untuk Perencanaan, pengaturan, dan pengendalian arus barang, informasi, dan sumber daya lain suatu perusahaan dari hulu ke hilir. Bagian ini merencanakan penyediaan barang yang harus ada di gudang untuk pengiriman kepada pembeli akhir agar alur pengiriman barang tidak terhambat dan mencari pelanggan baru guna menambah daya jual perusahaan.
Apalagi perkembangan bisnis logistik di Indonesia semakin pesat, dan didukung dengan pertumbuhan ekonomi nasional yang diprediksi terjadi sebesar 6% pada tahun 2012. Maka dengan itu sebuah bisnis perusahaan mungkin tidak akan bisa maju pesat tanpa dukungan manajemen logistik, karena apabila bisnis perusahaan tidak memperhatikan manajemen logistik perusahaan tersebut tidak akan optimal dan menghaburkan pembiayaan dalam pendistribusian, penyimpanan, penghapusan barangnya.
Dalam pelaksanaannya, logistik biasanya dibantu beberapa bagian-bagian yaitu sistem analisis, gudang, pembelian, tranportasi, dan distribusi. Logistik menjadi salah satu ujung tombak  terdepan di dalam suatu bisnis karena akan berhadapan langsung dengan konsumen. Logistik mengatur sistem pengeluaran, pemasukan, dan penyimpanan barang.
Rencana pengiriman barang di logistik berhubungan erat dengan bagian sistem analis, Penata Operasional, dan lain-lain, yang sama-sama merencanakan pengiriman dengan memikirkan kapasitas kendaraan yang dimiliki, kuat atau tidaknya  muatan kendaraan (dapat dilihat dari berat atau ukuran produk), dan jarak tempuh yang akan dilalui oleh kendaraan tersebut.
Add caption
Biasanya gambaran sistem logistik yang dijalankan oleh suatu perusahaan dapat mencerminkan kinerja perusahaan. Banyak perusahaan yang memiliki modal yang sangat besar dan akhirnya bangkrut karena tidak mempunyai sistem persediaan logistik yang benar dan mempuni. Maka dengan itu logistik memiliki peran penting dalam perjalanan suatu perusaah, sebesar apapun perusaan tidak akan lepas dari manajemen logistik
.

0 komentar:

Poskan Komentar