Selasa, 02 April 2013

Sejarah Singkat

   
     Benih-benih Koperasi Mahasiswa di lingkungan IKIP Bandung mulai muncul pada akhir tahun 1974 dari mahasiswa ekonomi FKIS (jurusan pendidikan ekonomi FPIPS sekarang). Pada bulan Juni 1975 berdirilah secara resmi Koperasi Mahasiswa FKIS IKIP Bandung yang diikuti oleh pemberian status Badan Hukum Koperasi dari Departemen Perdagangan dan Koperasi Kodya Bandung dengan Nomor. 6528/BH/DK.10/1 tahun 1976. Dengan pengakuan pemberian badan hukum tersebut sekaligus Koperasi Mahasiswa FKIS IKIP Bandung dinyatakan sebagai “Koperasi Mahasiswa Pertama di Indonesia yang berbadan hukum” dengan memiliki anggaran dasar dan anggaran rumah tangga sendiri. 
     Sementara itu di fakultas lainnya berdiri pula usaha sejenis koperasi seperti kantin, toko buku, photo copy, dll. Namun demikian karena skala usaha dan anggotanya terbatas, semua usaha-usaha tersebut perkembangannya sangat lambat dan sering kali tidak mampu beraktivitas. Sehingga pada tanggal 28 Agustus 1985 dilaksanakan lokakarya antara seluruh unsur di atas, yang menghasilkan kesepakatan untuk membentuk koperasi Mahasiswa dan alumni IKIP Bandung yang tidak bersifat lokal fakultas tapi di tingkat institut. Dengan mengacu pada hasil lokakarya tersebut, Rektor IKIP Bandung melalui SK Nomor. 6750/PT.25.R.I/E/1985 menyatakan membentuk Koperasi Mahasiswa dan alumni IKIP Bandung yang selanjutnya disebut “Koperasi Mahasiswa Bumi Siliwangi IKIP Bandung” yang seiring dengan perubahan nama institusi menjadi Universitas Pendidikan Indonesia, maka selanjutnya disebut Koperasi Mahasiswa Bumi Siliwangi Universitas Pendidikan Indonesia dan Februari tahun 2001 ini baru diperbaharui lagi badan hukumnya. 
    Perkembangan jaman yang begitu pesat menuntut setiap individu untuk meningkatkan kualitas dirinya. Hanya orang yang mempunyai “skill” yang dapat survive pada era yang penuh persaingan tersebut. Pertumbuhan jumlah penduduk dan pengangguran yang meningkat tiap tahunnya membuat orang semakin panik. Membangun jiwa kewirausahaan sejak dini merupakan salah satu solusinya.
  Dengan mengacu pada hasil Lokakarya tersebut, Rektor IKIP Bandung melalui SK Nomor 6750/PT.25.R.I/E/1985 menyatakan membentuk Koperasi Mahasiswa dan Alumni IKIP Bandung yang selanjutnya disebut “KOPMA BUMI SILIWANGI IKIP BANDUNG” dan seiring perubahan institusi akhirnya disebut “KOPMA BUMI SILIWANGI UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA” dengan alamat Kampus UPI Jalan Dr. Setiabudhi 229 Bandung 40154 Telp. 62-22-2013163 Ext. 2112, 62-22-2012177, Faximile 62-22-2012177 dan  untuk unit usaha yang didirikan  juga bertempat di alamat tersebut. Selain itu ada pula data-data lainnya mengenai KOPMA Bumi Siliwangi UPI yaitu seperti e-mail : kopmabsupi@gmail.com, website : www.kopmabs-upi.com,   blog : kopmabsupi.blogspot.com

0 komentar:

Poskan Komentar