Sabtu, 13 Juli 2013

Jendela Dunia Ada Di KOPMA


PERPUSTAKAAN di KOPMA BS UPI ada ga yaa?? Siapa yang tau coba kalau di KOPMA kita tercinta ada Perpus loh?  Perpus di KOPMA punya banyak referensi buku yang dijamin dapat bermanfaat untuk para anggota KOPMA maupun non anggota KOPMA. 

Wah ga nyangka yaa kalau selain kita bisa makan, jajan, belajar kelompok, diskusi, kita juga bisa membaca buku di KOPMA. “Sambil menyelam minum air” wah tenggelam dong haha bukan itu artinya Sobat tapi itu merupakan peribahasa yang tepat untuk gambaran Perpus di KOPMA. Mungkin juga bisa dianalogikan dengan istilah “Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui” hebat banget yaa hehe. Artinya apa hayoo? Pastinya Sobat KOPMA yang kece dan pintar pasti tau dong apa maknanya?? So pasti tebakan Sobat KOPMA bener banget. Jadi berkunjung ke KOPMA bukan hanya dapat bersantai sambil jajan saja tapi juga dapat belajar dan membaca buku. Seru banget kan? Amazingnya lagi kita juga boleh meminjam buku Perpus di KOPMA looh, tapi tentunya dengan SOP yang telah ditetapkan. Intinya Sobat KOPMA dapat memanfaatkan fasilitas KOPMA dengan sebaik baiknya. Jaga juga buku yang telah dipinjam yaa, jangan sampai rusak atau hilang. Wah kalo sampai hilang pastinya kena sangsi loh tapi jangan khawatir pengurus Perpus baik koo, tentunya sangsinya ga akan memberatkan dan juga sesuai dengan pelanggaran yang telah ditentukan sebelumnya. Sobat KOPMA pengen tau ga tentang SOP peminjaman bukunya??
AYOO SOBAT KITA SIMAK SOP PEMINJAMAN BUKU DI PERPUS KOPMA
1.        Tata Tertib Peminjaman & Pengembalian Buku Perpustakaan KOPMA Bumi Siliwangi
1.                 Anggota
1.                 Peminjam adalah tercatat sebagai anggota KOPMA Bumi Siliwangi UPI,
2.                 Peminjam bertanggung jawab atas bahan bacaan yang dipinjamnya,
3.                 Peminjam diperbolehkan meminjam buku maksimal 3 (tiga) buah dari perpustakaan KOPMA Bumi Siliwangi UPI,
4.                 Sebelum buku bacaan dipinjam/dibawa pulang ke rumah, peminjam wajib memperlihatkan kartu tanda anggota (KTA) KOPMA ke pengurus/petugas  KOPMA yang sedang piket,
5.                 Peminjam wajib meninggalkan KTA (kartu tanda anggota) jika hendak ingin meminjam buku koleksi perpustakaan KOPMA Bumi Siliwangi UPI,
6.                 Bahan bacaan yang telah selesai dipinjam, harus dikembalikan pada petugas peminjam,
7.                 Batas waktu peminjaman buku koleksi perpustakaan KOPMA Bumi Siliwangi adalah 2 (dua) minggu,
8.                 Buku-buku pinjaman, dapat diperpanjang kembali bila tidak ada yang memerlukannya. Untuk memperpanjang jangka waktu peminjaman, buku tersebut harus dibawa ke bagian peminjaman untuk diberikan tanggal kembali yang baru. Lamanya perpanjangan hanya 1 (satu) minggu,
9.                 Pada waktu peminjaman buku atau bahan bacaan lainnya, periksalah dahulu dengan teliti keutuhan bahan bacaan itu, rusak pada saat yang sama harus melaporkannya kepada petugas peminjaman. Laporan yang diberikan setelah meninggalkan perpustakaan tidak dibenarkan. Kerusakan tersebut menjadi resiko peminjam,
10.            Peminjam tidak diperkenankan mengembalikan buku dititipkan kepada orang lain.
1.                 Non-anggota
2.                 Peminjam adalah mahasiswa/dosen UPI, karyawan KOPMA BS UPI dan KOPMA rekanan,
3.                 Peminjam bertanggung jawab atas bahan bacaan yang dipinjamnya,
4.                 Peminjam diperbolehkan meminjam buku maksimal 3 (tiga) buah dari perpustakaan KOPMA Bumi Siliwangi UPI,
5.                 Sebelum buku bacaan dipinjam/dibawa pulang ke rumah, peminjam wajib memperlihatkan kartu identitas ke pengurus/petugas  KOPMA yang sedang piket,
6.                 Peminjam wajib meninggalkan kartu mahasiswa/kartu identitas lain  jika hendak ingin meminjam buku koleksi perpustakaan KOPMA Bumi Siliwangi UPI,
7.                 Bahan bacaan yang telah selesai dipinjam, harus dikembalikan pada petugas peminjam,
8.                 Batas waktu peminjaman buku koleksi perpustakaan KOPMA Bumi Siliwangi adalah 3 (tiga) hari,
9.                 Buku-buku pinjaman, dapat diperpanjang kembali bila tidak ada yang memerlukannya. Untuk memperpanjang jangka waktu peminjaman, buku tersebut harus dibawa ke bagian peminjaman untuk diberikan tanggal kembali yang baru. Lamanya perpanjangan hanya 3 (tiga) hari,
10.            Pada waktu peminjaman buku atau bahan bacaan lainnya, periksalah dahulu dengan teliti keutuhan bahan bacaan itu, rusak pada saat yang sama harus melaporkannya kepada petugas peminjaman. Laporan yang diberikan setelah meninggalkan perpustakaan tidak dibenarkan. Kerusakan tersebut menjadi resiko peminjam,
11.            Peminjam tidak diperkenankan mengembalikan buku dititipkan kepada orang lain.
12.   Sanksi-sanksi
13.            Bagi peminjam yang terlambat mengembalikan pinjamannya/bahan bacaan yang dipinjam maka dikenakan denda  Rp 500,00 per hari per buku
14.            Peminjam yang mengembalikan bahan pustaka dalam keadaan sangat rusak, atau menghilangkan bahan pustaka yang dipinjamnya, maka harus menggantikannya dengan bahan yang sama, atau menanggung seluruh biaya reproduksi serta denda keterlambatan yang dihitung sampai dengan saat melapor.
Ternyata gampang kan?? Mulai saat ini jangan ragu lagi untuk membuka jendela dunia yang ada di KOPMA kita tercinta yaa… Karena semua fasilitas itu adalah untuk anggota, oleh anggota, dan dari anggota. Nah, dengan memanfaatkanya akan menambah wawasan kita dan juga membuat waktu luang yang kita punya lebih bermanfaat. Ilmu dapat kita dapatkan dimana saja kan? Di KOPMA pastinya kita akan dapatkan itu. Oh ya setelah panjang lebar menjelaskan SOP, ngomong ngomong tau ga dimana letak Perpus Di KOPMA? Wah kalo memang sering ke KOPMA pastinya bakal tau tempatnya. Iyaa bener banget 100 deh buat pecinta KOPMA. Tempatnya berada di depan Lesehan yang dinamai “Education Centre” tau kan??  Mungkin bagi para calon anggota baru KOPMA belum tau pasti, silahkan saja jangan sungkan untuk bertanya pada karyawan atau pengurus yang ada disana yaa.                          “Malu bertanya sesat di jalan looh” makanya Sobat jangan malu yaa untuk bertanya karena para pengurus KOPMA semuanya supel dan baik koo tenang aja ga bakal diusir apalagi dimarahi loh hehe. Sekarang Sobat semua sudah tau kan bahwa ada Perpus di KOPMA.
Tunggu apa lagi Sobat                                                                                                 AYOO kita ramaikan PERPUS di KOPMA                                                                 Sempatkan juga untuk meminjamnya yaa J                                                                Salam Hangat Untuk Para Pembaca ^_^                                                                                                                                                         Bravo Koperasi !!!

0 komentar:

Poskan Komentar