Rabu, 29 Mei 2013

Program Asistensi Kopma


Program asistensi merupakan salah satu program kerja KOPMA Bumi Siliwangi UPI. Program ini memfasilitasi anggota untuk mengetahui tugas dan fungsi bidang di kepengurusan. Program ini menekankan pada learning by doing, disamping mendapatkan gambaran umum mengenai bidang dikepengurusan, para asisten juga merasakan bagaimana peran menjadi pengurus KOPMA Bumi Siliwangi UPI.

Melihat tingginya antusiasme anggota dalam program asistensi sebelumnya, maka pada periode kepengurusan 2013-2014, program ini dilaksanakan sebanyak dua kali, yaitu dipertengahan dan diakhir masa kepengurusan. Hal tersebut diharapkan dapat memberi peluang lebih besar bagi anggota untuk mengasah kemampuannya dan lebih menyadari serta mengamalkan perannya sebagai anggota koperasi.

Your passion? Tentukan pilihanmu!
Sekretaris
Bertanggung jawab terhadap kerumahtanggaan dan administrasi KOPMA Bumi Siliwangi UPI, termasuk didalamnya surat menyurat, perpustakaan, kelengkapan peralatan dan perlengkapan organisasi, operasi bersih, serta legalitas KOPMA Bumi Siliwangi UPI.

Bendahara
Bertanggung jawab terhadap keuangan KOPMA Bumi Siliwangi UPI serta pelaporannya, termasuk didalamnya memantau keuangan KOPMA Komisariat dan Gugus Cooperative, penarikan simpanan wajib anggota, penyusunan APBK (Anggaran Pendapatan dan Belanja Koperasi).

HUMAS
Bertanggung jawab terhadap hubungan KOPMA Bumi Siliwangi UPI dengan pihak internal maupun eksternal kampus serta menjaga eksistensi KOPMA, termasuk didalamnya pengelolaan media sosial, audiensi dengan pihak eksternal, studi banding, dan promosi KOPMA.

Organisasi dan litbang
Bertanggung jawab terhadap perekrutan anggota, pendampingan KOPMA Komisariat, litbang, dan aturan KOPMA, termasuk didalamnya membentuk tim pencari anggota, memantau perkembangan KOPMA Komisariat, KOPMA Addict (perayaan ulang tahun KOPMA), dan melakukan penelitian dan pengembangan demi KOPMA Bumi Siliwangi UPI yang lebih baik.

PSDA
Bertanggung jawab terhadap pengkaderan anggota, pendidikan anggota serta minat dan bakat anggota melalui Gugus Cooperative dan komunitas, termasuk didalamnya melaksanakan PEPRA, MABIM, DIKSARKOP, DMK, Asistensi, pendelegasian kader, pendidikan perkoperasian serta pendampingan Gugus Cooperative.

Personalia
Bertanggung jawab terhadap kedisiplinan dan kesejahteraan pengurus, karyawan dan pemagang KOPMA Bumi Siliwangi UPI, termasuk didalamnya menjaga kondisi kepengurusan, kekaryawanan dan kepemagangan yang kondusif.

Usaha
Bertanggung jawab terhadap keberlangsungan usaha KOPMA Bumi Siliwangi UPI, termasuk didalamnya melakukan analisis usaha, menjaga stabilitas usaha dan menyediakan kebutuhan anggota.

Ilmu ke “pernah” an
Kamu sudah mengikuti DIKSARKOP?
Sudah mengikuti DMK juga?
Pernah atau sedang mengemban amanah sebagai pengurus di KOPMA Komisariat atau Gugus Cooperative?
Tunggu apa lagi? Inilah saatnya untuk menggali ilmu lebih dalam sebagai Asisten.



Persyaratan
Mengisi dan mengumpulkan formulir pendaftaran, bisa download di: http://www.mediafire.com/download/ye71tg1azizgguj/Form_Pendaftaran_Asisten.docx
Melampirkan fotokopi sertifikat DIKSARKOP
Melampirkan fotokopi sertifikat DMK
Melampirkan surat rekomendasi asistensi dari KOPMA Komisariat masing-masing
Melampirkan Master Plan Asisten (berisi uraian mengenai hal yang akan dilakukan di kepengurusan KOPMA Bumi Siliwangi UPI, khususnya pada bidang pilihan)
Telah membayar simpanan wajib minimal hingga bulan Agustus 2013

Catat tanggal pentingnya! (periode 1)
27 Mei-9 Juni : Pengambilan formulir dan melengkapi persyaratan
10-12 Juni : Pengembalian formulir beserta persyaratan
13 Juni : Tes tertulis
14-16 Juni : Bimbingan bidang
17 Juni : Interview
19 Juni : Pengumuman dan pertemuan perdana Asisten terpilih
20 Juni-31 Agustus : Pelaksanaan program Asistensi (minus libur awal Ramadhan dan libur idul fitri)
1 September : Pembubaran asisten

Apa kata mereka?
“Saat kita memiliki cita-cita tinggi untuk membangun KOPMA, Asistensilah salah satu anak tangga untuk mewujudkan cita-cita itu.” (Angga Bhakti K.-Ketua KOPMA periode 2012-2013)

“Asistensi MENJERUMUSKAN saya kedalam lautan ilmu yang salah satunya mengajarkan saya bagaimana mengambil peran, menjalankan peran, dan bertanggung jawab atasnya, Asistensi merubah saya dari nobody menjadi somebody.” (Rezza Akbar S.-Ketua KOPMA periode 2013-2014)

Kesempatan berlalu secepat waktu…
So, take the chance!

PSDA KOPMA Bumi Siliwangi UPI

0 komentar:

Poskan Komentar