Senin, 25 Agustus 2014

KOPMA BS UPI Mendelegasikan Kadernya di Acara Nasional FKKMI


Kamis tanggal 14 sampai 17 Agustus yang lalu UKM KOPMA BS UPI  mendelegasikan kadernya sebanyak dua orang yaitu Fitriyani Rizky (Asisten PSDA season 1) dan Sita Nurhalimah (Asisten DIKLAT season 1) untuk mengikuti acara Loka Karya Standarisasi Pendidikan KOPMA Seluruh Indonesia dan Musyawarah Nasional Forum Komunikasi Koperasi Mahasiswa Indonesia (FKKMI) dengan tema “Revitalisasi Gerakan Koperasi Mahasiswa melalui Komunikasi, Pendidikan dan Pengkaderan” yang diadakan di STAIN Purwokerto dan Baturaden, Banyumas. Acara tersebut dihadiri oleh delegasi-delegasi berasal dari berbagai KOPMA yang  tersebar di Indonesia seperti : KOPMA UNILA (Universitas Lampung), KOPMA UNLAM (Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin), KOPMA UIN Jakarta, KOPMA UNTIRTA, KOPMA UNISBA, KOPMA UGM, KOPMA Unnes, KOPMA UMM,  dan masih banyak lagi.
Delegasi-delegasi yang terdiri atas Ketua KOPMA dan Kabid PSDA atau Perwakilan dari masing-masing KOPMA se-indonesia tersebut dikumpulkan untuk mengikuti serangkaian acara yang diselenggarakan oleh FKKMI dengan bekerjasama dengan KOPMA STAIN Purwokerto, KopKun dan KOPMA Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Acara ini terdiri atas Seminar Nasional, Sharing mengenai keadaan KOPMA masing-masing, membahas draft Desain Kaderisasi Koperasi untuk membuat standar pendidikan koperasi mahasiswa se-Indonesia serta Musyarawah Nasional untuk membahas Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Pengurus FKKMI periode 2012-2014 menentukan ketua FKKMI untuk periode 2014-2016. Selain itu, di akhir acara juga ada kegiatan rekreasi ke Loka Wisata Baturaden.
Acara Seminar Nasional menghadirkan pemateri bernama Toto Karyanto R, SE. yang juga seorang social-preneur. Beliau mengajarkan kepada kami mengenai wirausaha, kepedulian terhadap orang-orang sekitar dan kesadaran akan pentingnya sukses bersama yang salah satunya dapat dilakukan dengan berkoperasi. Acara selanjutnya yaitu Loka Karya (diskusi) dalam rangka menyusun kurikulum pendidikan koperasi semua KOPMA agar pendidikan koperasi di setiap KOPMA seragam karena sebagaimana kita ketahui bahwa selama ini masing-masing KOPMA memiliki Pola Pengkaderan yang berbeda. Hasilnya yaitu pola pengkaderan yang dimulai dari Orientasi (di KOPMA BS UPI dikenal sebagai Pendidikan Pra Anggota/PEPRA), DIKSAR/DIKSARKOP, DIKMEN/DMK serta DIKJUT (Pendidikan Lanjut) yang sebenarnya KOPMA BS UPI telah melaksanakan pola pengkaderan ini lebih awal.
Saat kegiatan Sharing berlangsung, kami mendengarkan dari beberapa orang delegasi KOPMA lain bahwa mereka memiliki masalah terutama dalam bidang permodalan. Mereka bercerita bahwa sistem keanggotaannya otomatis sehingga saat mahasiswa baru registrasi juga membayar simpanan pokok dan simpanan wajib. Namun, simpanan pokok dan simpanan wajib tersebut dipungut langsung oleh pihak rektorat sehingga saat mereka memerlukan dana untuk keperluan KOPMA-nya mereka harus mengajukan proposal terlebih dahulu dan menghadapi segala birokrasi yang ada padahal seharusnya dikelola secara independen oleh mereka. Jadi, baik secara langsung maupun tidak masalah ini menghambat kegiatan usaha serta kegiatan organisasi mereka.
Di luar kegiatan sharing, kami juga sempat berbincang-bincang dengan beberapa delegasi dari KOPMA lain tentang bagaimana kondisi KOPMA disana, sebagian besar diantaranya menjawab bahwa jarang ada pengurus demisioner yang masih mau berkunjung ke KOPMA untuk membimbing pengurus atau sekedar bertanya mengenai keadaan KOPMA. Lain halnya dengan KOPMA BS UPI yang alhamdulillah pengurus demisionernya masih terlihat berkunjung ke KOPMA.
Acara Musyawarah Nasional FKKMI digelar pada hari ketiga. Setelah sidang komisi dan sidang pleno untuk mengesahkan produk yuridis dan membahas serta mengesahkan LPJ Pengurus BPP, terpilihlah saudara Ngudi Prasetyo (Koordinator Wilayah D.I.Y) sebagai Ketua FKKMI baru periode 2014-2016 untuk menggantikan saudara Ahmad Jaelani.


0 komentar:

Poskan Komentar